Kategori
travel

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Danau Toba

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Danau Toba

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Danau Toba -Sumatra Utara kita kenal memiliki keindahan alam yang memesona. Salah satu destinasi favoritnya yakni Danau Toba. Dengan luas sekitar 1.130 kilometer persegi, Danau Toba menjadi salah satu tempat paling terminati para wisatawan.

Jika sedang berkunjung ke Sumatra Utara, Danau Toba harus masuk dalam bucket list penjelajahanmu. Namun sebelum menuju ke sana, ada baiknya kamu simak dulu info wisata Danau Toba berikut ini!

1. Rute perjalanan

Terdapat beberapa rute perjalanan yang bisa kita pilih, tergantung dari mana kamu memulai perjalanan. Berikut pilihan rutenya:

Bandara Kualanamu: melajulah menuju Jalan Lintas Tengah Sumatra untuk menuju ke Tebing Tinggi. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Sarbelawan, Pematangsiantar, Seribudolok, dan Parapat. Sesampainya pada Parapat, Danau Toba sudah berada kanan jalan. Waktu tempuhnya sekitar enam jam perjalanan.

Bandara Silangit: ambil jalur menuju Jalan Raya Muara, lalu ke Jalan Silangit. Dari titik itu, arahkan kendaraan menuju Jalan Dolok Sanggul-Siborong-Borong. Setelah sampai pada Simpang Tele, belok ke kanan dan ikuti jalan hingga ke Jalan Tele-Panguruan. Lama perjalanan sekitar empat jam.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Melansirkan dari https://christian-mommies.com/desktop/home Lokasi: Bukit Barisan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000

3. Berbagai aktivitas menarik pada Danau Toba

Liburan ke Danau Toba jamin tak akan membuatmu bosan. Terdapat berbagai aktivitas seru yang bisa kita lakukan, salah satunya menjelajahi danau menggunakan kayak.

Kamu bisa mendayung jauh menuju perairan danau yang jernih. sana bakal terlihat lebih indah panorama danau yang terkelilingi bukit hijau. Harga sewanya gak terlalu mahal, hanya Rp50 ribu untuk dua orang, sudah termasuk pelampung.Selain itu, kalau suka berkemah, kamu bisa menuju ke Desa Paropo. Mirip Ranu Kumbolo, pinggiran danau ini sangat penuhi anak-anak muda dengan tenda berwarna-warni.

Suasananya begitu nyaman dan menyenangkan, bermalam sambil kelilingi pepohonan bukit bisa jadi pengalaman tak terlupakan. Tidak ada biaya berkemah, kamu tinggal membawa peralatan kemahmu saja.Untuk yang suka mendaki, kamu bisa mendaki Bukit Holbung Pulau Samosir. Sudah aja jalanan setapak yang akan mengantarmu ke puncak bukit.

Sesampainya pada puncak bukit, kamu bisa melihat Danau Toba pada salah satu sisinya. Sementara sisi yang lainnya berupa pemandangan gugusan perbukitan hijau. kita jamin bikin pikiranmu segar kembali, deh.

4. Tips mengunjungi Danau Toba

Sebenarnya, Danau Toba bisa nikmati kapan pun, tapi tergantung dari tujuanmu. Kalau tujuan utama ke sini adalah untuk berlibur, maka datanglah pada bulan September hingga November. Pada bulan-bulan tersebut, ada berbagai festival yang gelar pada sekitar Danau Toba, mulai dari festival kuliner hingga kesenian.

Kalau cuma ingin bersantai dan menikmati keindahan Danau Toba, kamu bisa datang pada Mei hingga September. Pada bulan-bulan ini, kamu bisa menjelajah danau tanpa terganggu oleh hujan, karena sedang musim kemarau. Selain itu, suhu udara paling sejuk terjadi sepanjang bulan Mei.

Kategori
travel

7 Hotel dengan Fasilitas Sepeda, Staycation Jadi Makin Menyenangkan

7 Hotel dengan Fasilitas Sepeda, Staycation Jadi Makin Menyenangkan

7 Hotel dengan Fasilitas Sepeda, Staycation Jadi Makin Menyenangkan – Mengisi liburan dengan berolahraga menjadi salah satu cara yang menyenangkan. Salah satunya dengan bersepeda bersama teman-teman atau keluarga.

Jika kamu ingin staycation sekaligus gowes santai, ada beberapa hotel yang menyediakan fasilitas sepeda, lho. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini secara gratis.

1. Grand Zuri BSD City

Hotel dengan nuansa kayu dan cokelat ini bisa jadi alternatif saat liburan ke kawasan BSD Serpong. Hotel ini memiliki 11 lantai dengan fasilitas yang lengkap, termasuk sepeda. Kamu bisa berkeliling dengan sepeda menikmati suasana jalanan BSD yang tertata rapi dan bersih.

Lokasi: Jalan Pahlawan Seribu Kavling Ocean Walk Blok CBD, Lot. 6 BSD City, Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Harga: Rp664 ribuan per malam

2. Mercure Serpong Alam Sutera

Lokasinya yang strategis membuat hotel ini bisa jadi alternatif untuk staycation pada kawasan Serpong.

Sehingga, Hotel yang berada pada seberang mall Living World ini menyediakan penyewaan sepeda. Juga area parkir yang luas, bar, kolam renang, pusat bisnis, pusat kebugaran, dan fasilitas pendukung lainnya.

Lokasi: Jalan Alam Sutera Boulevard Kav.23, Pakulonan, Serpong Sub-D’istrict, Kota Tangerang, Banten.

Harga: Rp847 ribuan per malam

3. R Hotel Rancamaya

Hotel ini berdiri pada lahan seluas 700 hektare. Memiliki resor golf kelas atas dengan beberapa kamar yang menghadap ke pegunungan.

terlansir dari laman http://162.241.119.31/. Selain menyediakan berbagai fasilitas yang ekslusif, hotel ini juga memiliki sejumlah sepeda yang bisa kamu pinjam secara gratis.

Lokasi: Jalan Rancamaya Utama, Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat.

Harga: Rp1,2 jutaan per malam

4. Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah

Hotel yang berada pada area komersial ini memiliki sejumlah kamar dengan balkon menghadap pemandangan kota. Panoramanya makin indah saat malam hari.

Fasilitasnya lengkap, mulai dari kolam renang, pusat kebugaran, restoran, area bermain. Juga Ruang pertemuan, rooftop lounge, hingga sepeda yang bisa kamu pinjam secara gratis.

Lokasi: Jalan Harapan Indah Boulevard Nomor 10-12, Medan Satria, Kecamatan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat.

Harga: Rp648 ribuan per malam

5. Harris Hotel Sentul City

Hotel berkonsep modern ini memiliki beberapa kamar dengan akses langsung ke kolam renang. Memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang lengkap, termasuk sepeda yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Lokasi: Sentul SICC Complex, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 1, Citaringgul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Harga: Rp690 ribu per malam

6. Trizara Resorts

Resor yang berdiri pada taman seluas tiga hektare ini berada pada atas bukit. Gak heran kalau resor unik ini terkelilingi pemandangan cantik dengan udara yang sejuk. Menariknya, resor ini memiliki kamar tidur dengan tenda.

Terdapat pula restoran terbuka, area paintball, area memanah. Sehingga, peminjaman sepeda secara gratis. Kamu bisa menggunakan sepeda untuk menikmati lingkungan resor yang asri.

Lokasi: Jalan Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Harga: Rp990 ribuan per malam

7. Hotel NEO + Green Savana

Jadi, Hotel modern yang berdiri pada lahan hijau ini menyediakan sejumlah kamar dengan nuansa hangat.

Juga hotel ini juga terkelilingi tanaman hijau yang membuat suasananya semakin asri dan sejuk. Jika, kalian bisa jalan-jalan dengan sepeda yang tersediakan sambil menikmati sejuknya angin pada kawasan Sentul City ini.

Lokasi: Komplek Taman Budaya Sentul City, Jalan Siliwangi Nomor 1, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Harga: Rp1 jutaan per malam

Kategori
travel

5 Pulau di Indonesia yang Dikenal Berhantu, Kamu Berani Datang?

5 Pulau di Indonesia yang Dikenal Berhantu, Kamu Berani Datang?

5 Pulau di Indonesia yang Dikenal Berhantu, Kamu Berani Datang? – Saat mendengar kata wisata pulau, yang ada pada benak kita seringkali bayangan pesisir dengan pepohonan kelapa yang eksotis, benar gak? Indonesia sendiri memiliki banyak wisata kepulauan yang menarik untuk menjelajahi.

Namun, pada balik keindahan dan eksotismenya, beberapa pada antaranya menyimpan cerita horor dan seram. Bikin bulu kuduk merinding, berikut beberapa pulau yang meyakini paling berhantu pada Indonesia.

1. Pulau Galang

Pulau yang terletak pada Kepulauan Riau ini memiliki sejarah kelam. Pada 1976-1996, Pulau Galang menjadi tempat mengungsi ribuan tentara Vietnam yang meninggalkan negeranya setelah tragedi Perang Vietnam.

Terlansir dari http://162.241.119.31/.Mereka yang tak lolos melanjutkan perjalanan ke Australia dan Amerika Serikat, terrampok dan terbunuh dengan keji. Ada pula yang memutuskan untuk bunuh d’iri pada pulau tersebut.

Hal itulah yang membuat pulau ini terselimuti aura angker. Banyak pelaut yang mengaku melihat pulau ini sangat gelap dari kejauhan. Bahkan, seringkali terlihat penampakan tentara pada pinggir pantai yang melambaikan tangan ke kapal.

2. Pulau Kelor

Pulau Kelor masih berada dalam gugusan Kepulauan Seribu yang jadi wilayah administratif DKI Jakarta. Luasnya hanya 28 hektare, pulau ini memiliki Benteng Martello yang merupakan peninggalan VOC untuk berperang dengan Portugis pada abad ke-17.

Benteng dan pulau tersebut hancur pada 1883, karena letusan dahsyat Gunung Krakatau. Hal tersebut membuat hampir seluruh tentara saat  meninggal dunia.

Kini, banyak orang yang menganggap Pulau Kelor sangat angker. Seringkali terdengar suara tentara berbaris dengan hentakan kaki pada sekitar bekas Benteng Martello berdiri.

3. Pulau Kembang

Keberadaan Pulau Kembang pada Sungai Barito, Kalimantan Selatan, cukup misterius. Apalagi kini pulau tersebut menjadi habitat monyet ekor panjang, bahkan pengunjung kerap melihat sesosok bekantan juga.

Masyarakat Banjar percaya bahwa Pulau Kembang terbentuk akibat tenggelamnya kapal perang Belanda. Monyet dan bekantan  sana menganggap sebagai prajurit penjajah yang terkutuk penunggu pulau tersebut.

4. Pulau Tidung Kecil

Kisah seram Pulau Tidung berawal dari penamaannya. Nama pulau kecil pada Kepulauan Seribu ini berasal dari kisah seorang raja dari Suku Tidung, Kalimantan Timur, yakni Raja Pandita. Ia terasingkan Belanda saat masa penjajahan.

Setelah menjadi penduduk pertama, datanglah tetua yang terkenal dengan gelar Panglima Hitam ke Pulau Tidung. Mereka berdua menghabiskan hidupnya dan termakamkan pada Pulau Tidung Kecil.

Konon, kedua tokoh tersebut kerap terlihat pada sekitar pesisir Pulau Tidung Kecil. Padahal, pulau ini tak berpenghuni, sepi, dan terlihat gelap.

5. Pulau Nusa Barong

Keindahan Pulau Nusa Barong memang sangat memikat, meski jumlah penduduknya tak banyak. Pulau kecil ini terletak pada sebelah selatan Pulau Jawa, tepatnya pada Jember, Jawa Timur. Pada balik keindahannya, terdapat cerita horor yang menyeramkan.

Sehingga dulu, Pulau Nusa Barong sempat ramai penduduk. Sebelum terserang Belanda saat masa penjajahan. Jika warga sekitar meyakini bahwa pulau ini terhuni seekor ular raksasa dan kerap menjadikan lokasi bagi mereka yang ingin belajar ilmu hitam.

Kategori
travel

Jangan Asal Pegang, Ini 6 Tips Belanja Aman di Pasar Tradisional

Jangan Asal Pegang, Ini 6 Tips Belanja Aman di Pasar Tradisional

Jangan Asal Pegang, Ini 6 Tips Belanja Aman di Pasar Tradisional – Salah satu tempat yang rawan penularan virus corona adalah pasar tradisional. Pasar sangat ramai hingga tak heran beberapa pasar sempat tertutup karena banyak yang tertular virus.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sebenarnya menyatakan virus corona pada umumnya menyebar dari orang ke orang, bukan dari pangan.

1.Susun daftar belanja sebelum berangkat ke pasar

Sebelum pergi ke pasar, sebaiknya membuat daftar barang apa saja yang ingin kamu beli. Ini membantu agar kamu tidak kebingungan dan terlalu lama berada pada pasar. Waktumu juga akan lebih efektif dan efisien. Terlansir dari http://162.241.119.31/.

2. Hindari menyentuh hewan hidup

Hewan yang masih hidup seperti unggas biasanya mudah mentemukan ke pasar tradisional. Untuk sementara waktu, sebaiknya hindarilah menyentuh hewan yang masih hidup, kecuali kamu benar-benar ingin membelinya.

3. Hindari membeli hewan liar

Beberapa pasar tradisional ada yang menjual hewan liar yang tak lazim. Untuk sementara waktu, kamu bisa menghindarinya agar tetap aman dari penularan virus corona.

4. Bawalah hand sanitizer

Selalu siapkan hand sanitizer dan letakkan pada tempat yang mudah terjangkau baik pada tas atau saku. Kamu bisa membersihkan tanganmu dengan menyemprotkan hand sanitizer secukupnya. Bersihkan tanganmu setelah memegang uang, bahan pangan, atau benda-benda lainnya.

5. Sentuh barang yang memang hendak membeli

Sesuai dengan poin nomor dua, sebaiknya hanya sentuh barang-barang yang memang benar-benar ingin kamu beli. Hal ini membantu tanganmu tetap bersih dan kamu tidak perlu sering-sering menyemprotkan hand sanitizer.

6. Selalu menerapkan 3M

Last but not least, selalu terapkan 3M, yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, serta menjaga jarak minimal 1,5 meter. Protokol kesehatan 3M ampuh untuk memutus rantai penularan virus corona.

Itulah beberapa kiat berbelanja ke pasar tradisional pada masa pademik. Kenakan masker, terapkan 3M dan tetap waspada selama berbelanja dan segera bersihkan d’iri sesampainya ke rumah agar d’irimu dan keluarga terhindar dari penularan virus corona atau COVID-19.

Kategori
travel

5 Tempat Angker di Cirebon dengan Kisah Mistisnya, Pernah ke Sini?

5 Tempat Angker di Cirebon dengan Kisah Mistisnya, Pernah ke Sini?

5 Tempat Angker di Cirebon dengan Kisah Mistisnya, Pernah ke Sini? – Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan jalur Pantura (Pantai Utara), yakni jalur yang menghubungkan Jakarta, Cirebon, Semarang, hingga Surabaya.

Gak cuma itu, Cirebon juga memiliki beberapa tempat wisata menarik, lho. Termasuk tempat-tempat yang dikenal horor juga ada  sini.
Bahkan ada salah satu tempat kenal dengan mitos terhuni siluman buaya putih. Berikut beberapa tempat yang kenal angker lainnya pada Cirebon.

1. Stasiun Kaliwedi

Stasiun ini sudah berhenti beroperasi sejak 2007, sehingga membuat tempat ini penuh dengan kisah mistis dan tampak menyeramkan. Lokasinya yang jauh dari pemukiman warga ini terkenal dengan kisah kentrung budeg, karena tak memiliki sistem suara kedatangan kereta.

Akibatnya orang yang melintas tidak tahu kapan kereta akan datang, sehingga memakan banyak korban. Hingga kini, Stasiun Kaliwedi identik dengan kisah hantu dan penampakan yang muncul pada rel kereta. Stasiun ini berlokasi pada Desa Kaliwedi Lor, Kaliwedi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

2. Gua Sunyaragi

Tempat ini memiliki kisah yang cukup kelam. Gua ini pernah runtuh saat perang, kemudian memperbaiki pada 1852.

Namun, saat proses renovasi, dua orang arsitek terbunuh karena masalah bangunan. Beredar kabar tentang arwah arsitek yang mengganggu pengunjung saat malam hari.

Selain itu, gua ini juga digunakan sebagai tempat tari topeng Cirebon yang mistis. Sebab, para penari perlu dirasuki Nyi Mas Gandasari saat melakukan pertunjukan. Lokasi gua berada di Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat lansirkan dari http://162.241.119.31/ 

3. Sungai Kriyan

Sungai Kriyan menyimpan kisah misteri yang sempat menggegerkan warga Cirebon. Seperti maraknya orang hilang hingga penemuan mayat ke sungai.

Sungai ini juga kenal dengan mitos siluman buaya putih. Kabarnya buaya putih tersebut merupakan kutukan seorang anak Sultan I Syamsuddin Martawijaya.

Bahkan buaya tersebut kerap muncul pada hadapan warga sekitar. Sungai ini berlokasi pada Kampung Mandalangan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

4. Penginapan Beringin

Jika sedang melintas pada Jalan Tuparev, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, kamu akan melihat bangunan tua seperti rumah yang menyeramkan. Kesan angker sangat melekat pada rumah bekas Penginapan Beringin ini.

Namun, semakin lama hotel ini kalah bersaing dengan kemunculan hotel-hotel baru. Hingga akhirnya bangkrut dan harus tutup. Kabarnya bangunan ini menjadi rumah bagi banyak makhluk gaib.

5. Gedung Negara Karesidenan Cirebon

Gedung yang membangun orang Belanda pada 1865 ini berlokasi pada Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini memiliki nilai sejarah tinggi, bahkan tokoh-tokoh penting seperti Soekarno kerap menginap pada gedung ini.

Namun, hawa mistis kerap menyelimuti gedung ini. Saat tengah malam, banyak suara berisik terdengar dari sini, seperti anak-anak yang sedang bermain hingga suara-suara misterius yang bikin bulu kuduk merinding.

Kategori
travel

5 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Bandung, Bikin Lupa Waktu!

5 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Bandung, Bikin Lupa Waktu!

5 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Bandung, Bikin Lupa Waktu! – Indonesia memiliki banyak kota yang selalu ramai wisatawan, salah satunya adalah Bandung. Kota yang kenal sebagai gudangnya kuliner nikmat ini terpenuhi beragam destinasi wisata yang menawan, lho. Bahkan, banyak pula yang sangat ramah keluarga.

Maka dari itu, Kota Kembang selalu jadi destinasi wisata paling populer untuk liburan #IndonesiaAja. Banyak tempat wisata Instagramable yang cocok kamu datangi bareng keluarga.

Menjamin bikin betah berlama-lama, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata kota Bandung yang wajib kamu datangi bersama keluarga. Indah dan berkesan banget, deh!

1. Glamping Lakeside Rancabali

Tempat wisata yang berada pada Ciwidey ini sangat cocok buatmu yang ingin keluar dari hiruk pikuk kota. Alamnya indah, kamu dan keluarga bisa sekalian berkemah ke sini. Ada beberapa glamping yang bisa menyewakan  dengan pemandangan Situ Patenggang.

Terlansirkan dari http://162.241.119.31/ .Tak hanya glamping, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru ke sini. Mulai dari menjelajah danau dengan perahu, piknik pada pinggiran danau, sampai bermain seluncuran pada Golesat Circuit. Jangan lupa untuk berfoto ke Teras Bintang, ya!

Lokasi: Jalan Raya Ciwidey – Patengan KM 39, Situ Patenggang, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp15 ribu

2. Perkebunan Teh Malabar

Jika kamu dan sekeluarga lebih suka ke tempat yang damai, maka perkebunan teh ini adalah solusinya. Perkebunan Teh Malabar berada pada ketinggian 1.550 meter ke atas permukaan laut, sehingga udaranya terjamin sejuk banget.

Hamparan kebun tehnya terlihat rapi dan memanjakan mata. Maka spesialnya lagi, anak-anak bisa melihat proses produksi teh dari awal, lho. Mulai dari pemetikan daun sampai pengeringannya, semua bakal menjelaskan dengan detail, deh.

Lokasi: Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: gratis

3. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang sudah buka sejak 2015 dan sejak saat itu tak pernah sepi pengunjung. Gak cuma menawarkan wisata estetik dengan udara sejuk, kamu bisa menemukan beragam spot foto yang menawan. Salah satunya adalah Rumah Hobbit yang unik.

Selain itu, hampir seluruh bangunan yang dalam tempat wisata ini terdesain seperti arsitektur Eropa. Ada pula persewaan kostum dengan gaya khas Eropa, sesi fotomu terjamin makin seru, deh.

Jika ingin yang lebih interaktif, ajaklah anak-anak bercengkerama dengan kuda, kelinci, iguana, burung, domba, hingga landak. Kamu bisa memberikan mereka makanan, asyik banget, kan?

Lokasi: Jalan Raya Lembang Nomor 10, Lembang, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-21.00

Harga: Rp25 ribu

4. Kebun Bunga Begonia

Pengen melihat keindahan bunga warna-warni kota Bandung? Datanglah ke Taman Bunga Begonia. Taman ini sangat menarik perhatian berkat hamparan bunganya yang indah dan memanjakan mata.

Namun jika mengajak anak-anak, mereka bisa mendapatkan edukasi dari beragam jenis bunga ke sini, lho. Mulai dari proses penanaman, penyiraman, hingga pelestariannya, lengkap banget, deh. Sehingga pastikan kamu menggunakan pakaian yang cukup tebal, karena hawanya d’ingin.

Lokasi: Jalan Maribaya Nomor 120A, Lembang, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: Rp15 ribu

5. Dusun Bambu

Dengan dikelilingi pepohonan hijau yang asri, Dusun Bambu bakal membuatmu terkesima. Namun tempat ini bukan hanya sekadar lokasi wisata. Sehingga kamu dan keluarga juga bisa menginap ke saung bambu yang berada pada atas danau.

Terdapat tiga area kuliner yang siap memanjakan lidahmu. Beragam makanan khas Sunda bisa kamu temukan dengan mudah. Kalau sudah kenyang, sempatkan untuk menjelajah danau dengan perahu, ya!

Lokasi: Jalan Kolonel Masturi KM 11, Lembang, Bantung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-21.00

Harga: Rp25 ribu

Kategori
travel

5 Fakta Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Indonesia

5 Fakta Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Indonesia

5 Fakta Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Indonesia – Presiden Joko Widodo resmi akan memindahkan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Nantinya Jakarta akan menjadikan pusat bisnis dan keuangan berskala internasional.

Kedua kawasan tersebut ternilai punya lokasi strategis dan lahan yang luas. Mungkin sebagian dari kita masih belum terlalu mengenalnya, terutama Penajam Paser Utara.

1. Penilaian Presiden Jokowi terhadap Penajam Paser Utara

Presiden Jokowi menjelaskan empat alasan utama terpilihnya Penajam Paser Utara sebagai ibu kota baru Indonesia. Menurut hasil kajian, risiko bencananya minimal, baik berupa gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, longsor dan gunung berapi.

Lokasinya strategis, karena berada pada tengah-tengah Indonesia. Spesialnya lagi, Penajam berdekatan dengan kota berkembang pada Kalimantan, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Tak kalah penting, infrastrukturnya sudah cukup lengkap. Kalau mau mengembangkan, sudah tersedia 158 ribu hektare lahan pemerintah yang siap terbangun.

2. Kabupaten Penajam Paser Utara baru terbentuk 2002

Sebelum berdiri sendiri, Penajam Paser Utara masih menjadi satu kesatuan Kabupaten Pasir. Kabupaten ini baru terbentuk setelah adanya Undang-undang Nomor 7 Tahun 2002. Terlansirkan dari http://162.241.119.31/

Setelah itu, Kabupaten Pasir berganti nama menjadi Paser dengan menggabungkan empat kecamatan. Yang antaranya Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku.

3. Penajam Paser Utara menjadi kabupaten termuda ke-2

Penajam Paser Utara merupakan Kabupaten ke-13 pada Kalimantan Timur. Kabupaten termuda ke-2 ini memiliki jumlah penduduk sekitar 166 ribu jiwa. Ada 24 kelurahan dari empat kecamatan.

Berpusat pada Penajam sebagai ibu kota, kawasan ini berbatasan dengan Kutai Kartanegara pada sebelah utara, sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar, dan Kabupaten Paser pada selatan, serta Kabupaten Kutai Barat pada bagian barat.

4. Punya semboyan “Benuo Taka”

Penajam Paser Utara punya semboyan “Benuo Taka” yang selalu tertera pada lambang daerahnya. Terambil dari bahasa Suku Paser, semboyan tersebut bermakna Penajam Paser Utara terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan budaya, tapi tetap merupakan satu kesatuan ikatan kekeluargaan.

5. Penajam Paser Utara masih tertinggali suku asli

Sama halnya dengan wilayah Kalimantan lain, Penajam Paser Utara juga tertinggali Suku Dayak Paser. Sayangnya, mereka termasuk minoritas, karena bermukim di pelosok atau pedalaman.

Total Suku Dayak Paser pada Kalimantan Timur berjumlah sekitar 155 ribu jiwa. Sebagian besar Suku Paser beragam Islam dan Kristen.

Kategori
travel

Nyeleneh, 8 Aturan Ini Wajib Dipatuhi Saat Traveling ke Korea Utara!

Nyeleneh, 8 Aturan Ini Wajib Dipatuhi Saat Traveling ke Korea Utara!

Nyeleneh, 8 Aturan Ini Wajib Dipatuhi Saat Traveling ke Korea Utara! – Sudah sejak lama Korea Utara kenal sebagai negara yang sangat tertutup dengan dunia luar. Tak banyak yang bisa kita ketahui tentang negara yang terpimpin oleh Kim Jong-Un tersebut.

Korea Utara juga kenal memiliki aturan yang sangat ketat kepada warganya, apalagi bagi wisatawan. Jumlah wisatawan yang boleh memasuki Korea Utara terbatasi. Wisatawan mancanegara yang ingin melancong ke sana pun harus mengikuti seabrek peraturan.

Yang jelas, kamu gak akan bisa bebas melakukan hal-hal sesuka hatimu seperti saat melancong ke negara lain.

1. Wajib memakai pemandu perjalanan resmi pemerintah

Pertama, para wisatawan wajib menggunakan pemandu perjalanan resmi dari pemerintah. Sesaat setelah tiba pada bandara, wisatawan akan langsung tersambut oleh sang pemandu, yang akan setia membuntuti setiap langkahmu pergi. Terlansirkan dari https://christian-mommies.com/desktop/home . Mulai dari keluar kamar hotel hingga kembali lagi ke dalam kamar hotel. Seram juga yaa.

2. Melarang berbicara soal politik dan agama

Begitu menginjakkan kaki pada Korea Utara, semua wisatawan “haram” hukumnya ngomongin soal politik. Tak cuma itu, wisatawan juga melarang berbicara dan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan agama pada ruang publik. Misalnya, berdoa pada depan umum atau berkeliling dengan membawa kitab suci agama tertentu. Waduh!

3. Wajib menggunakan visa turis

Pengajuan visa turis ini hanya bisa sekali. Visa turis sudah termasuk paket lengkap, yang berisi pemandu perjalanan resmi dari pemerintah, hotel atau penginapan, biaya perjalanan, dan biaya makan.

Selain itu, negara tempat asal wisatawan juga harus punya hubungan d’iplomatik dengan Korea Utara. Ini tertandai dengan adanya Kedutaan Besar pada negara tersebut.

4. Wajib menggunakan maskapai Korea Utara

Ada dua akses untuk masuk ke Korea Utara, yaitu melalui udara dan kereta api. Untuk wisatawan yang berasal dari Amerika Serikat dan Israel, satu-satunya transportasi yang terizinkan adalah menggunakan maskapai Air Kyoto dan wajib transit ke Beijing, Tiongkok.

5. Wisatawan melarang menyebut “Korea Utara”

Peraturan lainnya yang gak kalah nyeleneh adalah semua wisatawan melarang menyebut negara tersebut dengan “Korea Utara”. Nama yang memperbolehkan adalah “Republik Demokratik Rakyat Korea” atau tersingkat DPRK.

6. Wisatawan melarang menggunakan mata uang Korea Utara

Uniknya, saat melakukan transaksi, wisatawan tidak bisa menggunakan mata uang Won Korea Utara. Mata uang yang memperbolehkan untuk para wisatawan adalah Euro, Yuan, Won Korea Selatan, dan Dolar Amerika Serikat.

7. Melarang berbicara hal negatif tentang negara, rakyat, atau pemimpin Korea Utara

Berbicara negatif tentang Korea Utara adalah hal yang sangat fatal. Jika ketahuan, pemerintah Korea Utara bisa menganggapnya sebagai pelanggaran berat. Sebisa mungkin pada setiap tempat, wisatawan asing harus selalu memuji Korea Utara.

8. Wisatawan tak bisa sembarangan memotret

Para wisatawan sebenarnya terizinkan untuk membawa kamera. Namun, jangan harap bisa memotret seenaknya seperti saat berkunjung pada negara lain.

Ada beberapa tempat yang sangat privasi dan haram mempotret atau merekam. Memotret orang berjalan pun tak memperbolehkan.

Bahkan jika ingin memotret sebuah patung, harus menangkap seluruh tubuhnya. Sebelum wisatawan pergi meninggalkan Korea Utara, akan ada petugas yang mengecek foto-foto yang mejepret wisatawan.

Kategori
travel

Tutup 11 Tahun, Lokasi Syuting The Lord of The Rings Dibuka Kembali

Tutup 11 Tahun, Lokasi Syuting The Lord of The Rings Dibuka Kembali

Tutup 11 Tahun, Lokasi Syuting The Lord of The Rings Dibuka Kembali – Kabar bahagia datang buat kamu penggemar film The Lord of The Rings. Pasalnya, salah satu lokasi syutingnya akan kembali terbuka setelah sekian lama tertutup. Meski film ini sudah berakhir pada 2003, hype-nya masih terasa hingga kini.

Film garapan Peter Jackson ini mayoritas melakukan proses syutingnya pada Selandia Baru. Menemani  lanskap alam yang menawan, gak heran kalau akhirnya lokasi syutingnya terpenuhi wisatawan untuk berlibur.

1. Deer Park Heights terbuka setelah penataan selama 11 tahun

Terlansirkan dari http://162.241.119.31/ / Lokasi syuting The Lord of The Rings pada Selandia Baru yang kembali terbuka adalah Deer Park Heights. Berada pada Queenstown, hamparan ladang dengan pemandangan perbukitan dan danau ini sempat tutup selama sebelas tahun.

Pada 2009, sang pemilik wisata, Mike Mee, menutup destinasi ini untuk sementara waktu, karena ingin melakukan penataan ulang. Sekarang akan terbuka kembali untuk wisatawan, supaya mereka bisa menghargai keindahan dan keunikannya.

Buat kamu yang bertanya-tanya, lokasi ini ada dalam adegan mana, sih? Yap, Deer Park Heights ini jadi tempat ketika Legolas berperang melawan para Wargs dan Riders of Rohan. Uniknya lagi, destinasi ini melengkapi perternakan rusa, lho!

2. Pengunjung bakal tersuguhkan pemandangan alam liar

Berbagai hal menarik bisa kamu lakukan pada lahan seluas 800 hektare ini. Deer Park Heights menawarkan pemandangan alam liar yang tak biasa. Pengunjung bisa melihat beragam satwa liar, seperti rusa, domba, llama, alpaka, keledai, hingga babi kunekune.

Spesialnya lagi, sang pemilik bakal menjadikan lokasi ini sebagai tempat liburan untuk keluarga. Mereka akan membatasi akses ke kendaraan dengan tujuh kursi, tidak termasuk bus, minivan, dan kendaraan umum lainnya.

Sayangnya, akses untuk pejalan kaki atau pengendara sepeda belum tersediakan. Sebab, pihak pengelola takut pengunjung bakal menakut-nakuti satwa liar yang ada pada sana. Pengunjung akan tersuguhkan pemandangan Wakatipu Lake dengan latar Remarkable Mountains.

3. Pemesanan tiket memberlakukan secara online

Untuk bisa masuk dan menikmati alam Deer Park Heights, pengunjung mewajibkan melakukan reservasi terlebih dahulu. Pemesanan bisa melakukan langsung pada website resmi Deer Park Heights.

Tiket masuk kendaraan kenakan 55 dolar Selandia Baru atau setara Rp460 ribu. Pengunjung hanya bisa masuk sekali dalam sehari, bahkan jumlah wisatawan masih akan terbatasi setiap harinya.

Sebenarnya, Deer Park Heights ini tak hanya menjadi lokasi syuting The Lord of The Rings saja, lho. Ada pula beberapa film Hollywood lainnya yang menjadikan ladang ini sebagai tempat pengambilan gambarnya, seperti Wolverine dan Pete’s Dragon.

Kategori
travel

Asyik, Singapore Airlines Bakal Layani Terbang Langsung ke New York!

Asyik, Singapore Airlines Bakal Layani Terbang Langsung ke New York!

Asyik, Singapore Airlines Bakal Layani Terbang Langsung ke New York! – Pandemik virus corona membuat banyak industri lumpuh, terutama pada dunia penerbangan. Segala jenis penerbangan sempat tertutup sementara.

Kini, dunia penerbangan mulai menggeliat kembali dengan segala aturan ketat dan pembatasan. Salah satu maskapai tersibuk pada dunia, Singapore Airlines (SIA), juga kembali membuka pelayanannya.

1. Menggabungkan pelayanan penumpang dan kargo

Singapore Airlines (SIA) akan terbang ke New York, Amerika Serikat, mulai 9 November 2020. Penerbangan yang langsung menuju John F. Kennedy International Airport ini menggabungkan lalu lintas penumpang dan kargo.

Layanan penerbangan nonstop ini juga terdukung adanya peningkatan jumlah transfer yang kini bisa transit langsung pada Changi Airport, Singapura. SIA melayani permintaan kargo dari berbagai industri pada New York, seperti perusahaan farmasi, e-commerce, dan teknologi.

Executive Vice President Commercial Singapore Airlines, Leek Lik Hsin, mengatakan penerbangan antara Singapura dan John F. Kennedy International Airport pada New York, Amerika Serikat, ini jadi langkah penting dalam membangun kembali jaringan global.

“Kami akan terus meningkatkan layanan yang ada dan memulihkan rute lainnya,” kata Executive Vice President Commercial Singapore Airlines, Leek Lik Hsin, dalam rilis yang terima lansirkan dari https://christian-mommies.com/

SIA menjadi satu-satunya jalur kargo udara nonstop dari Timur Laut Amerika Serikat ke Singapura. Bahkan, kini sudah terfungsikan sebagai pusat d’istribusi regional bagi banyak perusahaan raksasa yang ada pada Amerika Serikat.

2. Penerbangan melakukan tiga kali dalam sepekan

Maskapai ini akan mengoperasikan pesawat jarak jauh, yakni Airbus A350-900. Terdapat 42 kursi kelas bisnis, 24 kursi kelas premium ekonomi, dan 187 kursi kelas ekonomi. Tidak hanya satu pesawat saja, melainkan dua pesawat sekaligus.

Penerbangan SQ24 akan memulai penerbangannya ke New York pada 9 November 2020. Penerbangan yang menempuh waktu sekitar 18 jam 5 menit ini melakukan tiga kali dalam sepekan, yakni Senin, Rabu, dan Sabtu.

Sedangkan, penerbangan SQ23 baru akan memulai penerbangannya pada 11 November 2020. Penerbangan melakukan tiga kali dalam sepekan pada Senin, Rabu, dan Jumat dengan waktu sekitar 18 Jam 40 menit.

3. Singapore Airlines telah menerapkan protokol kesehatan

Serupa dengan maskapai penerbangan lain yang sudah mulai beroperasi kembali, SIA menerapkan berbagai protokol kesehatan. Pesawat terlengkapi dengan manajemen sistem aliran udara yang canggih, sehingga bakal mengganti udara pada kabin setiap tiga menit.

Sebelum diterbangkan pun SIA menjalankan pembersihkan secara merata. Mulai dari mendisinfektan semua permukaan keras, meja baki, layar, hingga toilet. Headset dan penutup sandaran kepala di setiap kursi juga mengganti untuk setiap penumpang.

SIA tak hanya mengutamakan keselataman penumpang, tetapi juga awak kabinnya. Mereka mewajibkan memakai peralatan pelindung, seperti kacamata, sarung tangan, dan masker. Menggunakan masker selama penerbangan jadi kewajiban penumpang dan awak kabin.